Oleh: raditex | 10/11/2008

Webmaster


Kalau bicara soal teknologi memang saat ini sangat berkembang dengan pesat, khususnya di bidang komputer. Semua hal sudah terkomputerisasi dengan pemikiran semua akan lebih terasa cepat, efisien dan efektif dan meminimalkan kesalahan manusia (human error). karena itu tak heran pekerjaan di bidang ini pun makin berkembang posisi yang bisa diambil sebagai lapangan pekerjaan baru, seperti profesi yang kali ini akan dibahas, webmaster.

Bicara soal webmaster tentunya tak jauh dengan bidang teknik komputer, apalagi kalau bukan bicara tentang web dan segala macam pernak perniknya. Segala macam aplikasi dan teknologi yang menyertainya, seorang webmaster diharapkan bisa terampil dan mampu menjawab permasalahan yang akan timbul berkaitan dengan teknologi ini. Satu lagi, webmaster sesuai dengan namanya, tentunya tak jauh dengan teknologi yang saat ini sudah menjadi keharusan bagi setiap orang untuk tahu dan mahir menggunakannya, yaitu internet.

Tetapi sebenarnya, apa sih yang menjadi job description seorang webmaster? Agak sulit memang untuk menjelaskan satu persatu apa yang menjadi tanggung jawab seorang webmaster, belum lagi, perlu diingat tak semua webmaster di setiap perusahan punya tanggung jawab yang sama persis. Bisa saja di perusahaan yang satu tak sama dengan perusahaan yang lain, tergantung tentunya pada situasi dan kondisi yang ada di perusahaan tersebut. Tetapi, pada dasarnya seorang webmaster harus bisa mengatasi permasalahan yang bisa timbul berkaitan dengan pemakaian teknologi internet.

Masalah yang perlu diatasi biasanya berkaitan dengan kegagalan seseorang/pelanggan yang tak bisa mengupload data atau ftp. Atau tidak bisa connect ke database, webmaster harus mengecek di mana kesalahan atau masalah ini bisa timbul, kesulitan juga bisa timbul misalnya karena ada script yang tidak bisa jalan, ini juga perlu dibereskan oleh seorang webmaster. Install server, termasuk sistem dan konfigurasinya juga termasuk pelayanan yang harus dapat ditangani oleh seorang webmaster. Ini semua tentunya harus bisa didukung dengan kemampuan dan wawasan yang cuukp luas di bidang teknologi komputer dan piranti lunaknya. Jadi, webmaster pun perlu selalu ter-update dengan segala macam perkembangan teknologi internet. Untuk yang satu ini, Anda bisa secara otodidak atau bis juga melalui jalan formal, misalnya melalui pelatihan atau pendidikan dalam jangka waktu tertentu.

Kalau Anda memang tertarik pada pernik-pernik dunia maya dan ingin terjun ke dalamnya atau ingin mengambil posisi ini, yang terutama sebagai modal adalah harus tertarik dengan segala hal yang berbau teknologi, khususnya di bidang internet, sehingga, jika memang ada hal yang baru, Anda selalu meng-update pengetahuan Anda di bidang ini. Satu lagi, tentunya Anda juga harus mengambil latar belakang pendidikan yang berkaitan dengan teknologi komputer, karena jika tidak, akan semakin sulit Anda untuk berkecimpung di bidang ini. Apalagi kalau Anda juga hobi di bidang ini, tentunya akan menjadi nilai tambah, karena Anda akan lebih enjoy dan lebih mengeksplor bidang ini.

Soal pemasukan, tentunya juga bergantung dengan kebijakan suatu perusahaan. Belum tentu posisi yang sama mendapatkan pemasukan yang sama di perusahaan yang berbeda. Jadi, untuk pemasukannya, masih tergantung kondisi dan situasi finansial suatu perusahaan. Tetapi, buat yang tertarik dan sudah mulai belajar di bidang teknologi komputer, posisi ini cukup menarik untuk dicoba.


Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: